Semangkok soto daging sapi Triwindu yang pecaaah habis.
Semangkok soto daging sapi Triwindu yang pecaaah habis.

Bagi para penjelajah kuliner terutama penyuka soto, jika Anda tengah berada di Solo wajib mampir ke warung soto legendaris yang satu ini, Soto Triwindu. Mari menikmati kelezatan Soto Triwindu yang legendaris.

Masyarakat Solo terkenal suka keplek ilat alias memanjakan lidah. Tak heran jika beragam kuliner lezat bisa dengan mudah ditemukan di Kota Bengawan dalam 24 jam. Tempat-tempat makan enak biasanya disesaki pengunjung. Salah satunya warung Soto Triwindu yang berlokasi di Keprabon Kulon atau sebelah selatan Pura Mangkunegaran, Solo.

Soto Triwindu di Keprabon Kulon, Solo.
Soto Triwindu di Keprabon Kulon, Solo.

Sebenarnya tidak ada yang mencolok dari soto daging sapi yang warungnya semula berlokasi di Pasar Triwindu. Penampakannya sama seperti soto bening lainnya. Isinya pun hanya taoge, irisan tipis daging sapi dan taburan bawang goreng serta seledri. Namun yang membedakan tentu saja rasanya yang gurih dan lezat.

Rasanya akan tambah segar jika ditambah perasan jeruk nipis ke dalam kuah soto. Kelezatan Soto Triwindu yang berdiri sejak 1939 masih sama sejak saya mencicipi kali pertama sekitar 17 tahun lalu. Rasanya tidak berubah, tetap enak meski sekarang Soto Triwindu dikelola oleh generasi ketiga.

Kelezatan Soto Triwindu yang tidak berubah mungkin karena cara memasaknya masih mempertahankan penggunaan kuali tanah liat. Selain itu tentu saja mereka menggunakan racikan bumbu yang sama yang diwariskan secara turun temurun.

Saat Soto Triwindu masih berlokasi di pasar barang antik Triwindu, saya sering diajak kakak saya dan suaminya sarapan di sini. Saat itu warungnya berada di pojok gang dengan bangunan yang sangat sederhana seperti warung makan di pasar tradisional pada umumnya. Dindingnya dari seng dan atapnya tanpa plafon.

Ruang soto triwindu

Soto triwindu2

Sekarang bangunannya sudah berdinding tembok, lantainya keramik dan interiornya kental nuansa Jawa. Tahun ini Soto Triwindu membuka cabang yang berlokasi di Ruko Fajar Indah, sebelah selatan Lapangan Baturan.

Soal harga memang diatas rata-rata dari harga soto biasa. Semangkok soto daging sapi dibandrol Rp12.000 untuk nasi soto campur. Kalau mau pesen nasi dan soto dipisah juga dilayani kok. Anda juga bisa memesan porsi kecil dan harganya kalau gak salah sih Rp9.000 per mangkok kecil. Kalau mau dibawa pulang juga bisa dan harganya Rp14.000. Itu harga diakhir Desember 2015 ya.

Daftar harga Soto Triwindu, Solo.
Daftar harga Soto Triwindu, Solo.

Kalau ingin tambah lauk tersedia berbagai macam lauk seperti kripik paru goreng, babat, iso empal goreng, kikil, tahu bacem, tempe bacem, tempe goreng, tahu goreng, lentho, bakwan, dan lainnya. Ada juga rempeyek kacang, karak, kerupuk udang, kerupuk kuning, dan sebagainya. Namun yang paling saya suka adalah karak dan tempe gorengnya yang digoreng garing.

Karak menjadi favorit saya dan suami. Biasanya kami meremas karak menjadi kepingan-kepingan kecil yang saya taburkan di atas kuah soto. Selain sotonya yang yummy, es/wedang teh di sini juga enak. Minuman lain yang bisa Anda pesen antara lain wedang/es jeruk, beras kencur dan gula asem. Soto Triwindu buka mulai jam 05.30 WIB ya sampai 15.00 WIB.

Nah udah kebayang kan bagaimana lezatnya Soto Triwindu. Nggak akan menyesal lah makan disini. Selamat menikmati soto daging sapi Triwindu. Sugeng dahar sederek.