Gimana sih cara menyimpan santan segar biar gak cepat basi atau tahan lama? Nah pertanyaan ini muncul ketika saya bikin kue bingka khas banjarmasin dan santan yang digunain masih sisa banyak.

Mau buang santan kelapanya kok sayang banget. Kalau mau dimasak saya bingung mau masak apa dan saat itu udah banyak makanan. Kalau saya gunain santannya buat bikin cake, bolu atau kue lainnya takut mubazir gak kemakan dan butuh waktu lagi buat bikinnya. Bisa bisa seharian cuma nguplek di dapur.

Akhirnya meluncurnya saya ke dunia maya, browsing cara menyimpan santan segar biar tahan lama. Dari beberapa artikel yang saya baca saya milih cara menyimpan santan di dalam kulkas atau almari es. Caranya mudah banget yaitu santan yang sudah diperas dimasukin ke wadah kedap udara atau plastik lalu dimasukkan ke rak bawah almari es. Jika pake cara ini santan bisa bertahan selama 4 hari.

Tapi dalam kasus saya santan saya gunakan lagi saat hari ketiga penyimpanan. Santannya masih bagus digunakan meski kualitasnya tentu menurun ya dari santan segar yang baru diperas dari parutan kelapa. Oia santan saya ini dihasilkan dari memeras kelapa parut yang disiram air matang ya.

Penampakan santan setelah saya simpan 3 hari dalam almari es.
Penampakan santan setelah saya simpan 3 hari dalam almari es.

Selain cara yang saya lakukan di atas, ada juga cara lainnya tapi saya belum pernah mempraktekannya. Beberapa cara lainnya antara lain santan ditambah sedikit garam lalu direbus. Lalu dinginkan santan. Setelah dingin masukkan santan ke dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam freezer. Konon katanya *karena saya belum pernah mraktekin, hehe*  cara ini bisa membuat santan tahan hingga 3 bulan.

Oia yang harus diingat yaitu hindari menyimpan santan dalam wadah kaleng ya. Kalau gak punya atau stok wadah kedap udara udah kepakai semua, bisa kok pakai plastik yang biasa digunain buat bikin es batu.

Cara lainnya adalah parutan kelapa disiram air panas namun jangan diperas. Lalu dinginkan dulu. Setelah dingin simpan parutan kelapa yang disiram air panas tadi ke dalam wadah kedap udara atau plastik lalu masukkan ke almari es. Cara ini dipercaya bisa membuat santan tahan selama 24 jam. Saat mau digunakan parutan kelapa tadi tinggal diperas lalu segera digunakan.

Silakan pilih cara yang mana ya, sesuaikan dengan kebutuhan penyimpanannya untuk jangka berapa lama sebelum digunakan. Jika saat akan digunakan ternyata santan basi, berbau tengik maka sebaiknya jangan digunakan. Semoga bermanfaat :).